Sunday, January 22, 2012

New Caledonia

Setelah mengubek-ubek om google, akhirnya saya memutuskan untuk memposting pulau ini. Awalnya pengin post tentang Pulau Maldives atau Maladewa tapi setelah lihat-lihat Caledonia Baru (New Caledonia) lebih jatuh hati sama tempat ini. Sebenernya dua tempat ini masih ada hubungannya ama Korea tepat nya K-Drama. Masih ingetkan tempat liburan Goo Junpyo ama Geum Jandi di Boys Before Flowers? Nah, dua tempat ini yang jadi lokasi syuting nya. Tapi kali ini saya hanya mau membahas tentang New Caledonia.

Ile Des Pin's New Caledonia

New Caledonia Lagoon

loyautes-ouvea New Caledonia



New Caledonia atau Kaledonia Baru adalah negeri yang berada diseberang laut milik Perancis, tepatnya terletak di Samudra Pasifik bagian Selatan. New Caledonia atau Nouvelle-Calédonie (bahasa Prancis) juga disebut Kanaki oleh penduduk asli negara tersebut. Negara ini telah dikuasai oleh Perancis selain Polynesia. Dan status ini dikenakan pada negara cantik ini hingga tahun 1998. Ibukota dari negara kecil adalah Noumea.
 
ile-des-pins-koh-lanta New Caledonia

Dan tahukah kamu? Kalau kamu yang merasa orang Jawa dan cakap berbahasa Jawa, saya rasa tak akan menemukan kesulitan saat jalan-jalan ke negeri ini. Mengapa?? Seperti halnya Suriname, daerah ini juga dihuni oleh sebagian Suku Jawa yang merantau ke sini. Dulu konon orang Jawa yang tinggal di sini bekerja sebagai kuli guna mencari kehidupan yang lebih baik.  Kasus perpindahannya pun sama seperti orang Jawa yang pindah ke Suriname, namun sepertinya kegiatan orang Jawa yang pindah ke negara2 pasifik telah berhenti sejak tahun 1949. 

Kaledonia Baru

Kaledonia adalah pula terbesar ketiga yang ada di wilayah Pasifik setelah Papua Nugini dan New Zealand. Dengan jumlah penduduk sekitar 237.765 jiwa menurut pencatatan terakhir tanggal 01 September 2006. Seperti halnya kita, orang Jawa yang tinggal dan menetap di New Caledonia tetap menggunakan bahasa Jawa sehari-harinya, namun kabarnya kini para anak muda di sana sudah menggunakan Bahasa Prancis sehingga sedikit sulit menemukan generasi muda yang bisa menggunakan Bahasa Jawa.

Nah jika kamu berniat untuk mengunjung negeri kecil nan cantik jelita ini, jangan dilupain nih tempat2 yang saya rekomendasiin buat dikunjungin, jangan lupa ya!??

Saint Joseph Bay

Oro Bay

Kuto & Kanumera Bays

N'Ga Peak
Upi Bay

Nah nyaris semuanya wisata air alias pantai. Ya mau gimana lagi namanya negara kepulauan jadi mereka menggunakan pantai sebagai aset utama kegiatan tourism mereka. Ngomong-ngomong Boys Before Flowers, ini ada 2 lokasi yang dijadiin lokasi syutingnya. Bisa dijadiin referensi juga nih...

Love New Caledonia

Ameede Island

Untuk menjangkau New Caledonia cukup sulit karena hanya beberapa maskapai yang menyediakan penerbangan kesana seperti  Air France, Air Callin, Air New Zealand, Air Austrial, Qantas Airlines. Itu pun kita harus flight ke departure city nya terlebih dahulu, tergantung ingin menggunakan maskapai yang mana. Kita bisa terbang dari Narita Tokyo, Auckland, Paris, Sydney, Brisbane, Osaka. Jadwal pernebangangan nya pun tidak setiap sehari, paling cepat ada 5 hari sekali. Hmm.. memang cukup sulit apalagi untuk kita yang tidak tinggal dinegara-negara yang saya sebutkan sebelumnya. Karena kita perlu melakukan flight terlebih dahulu ke salah satu negara-negara tersebut, baru nantinya menlanjutkan perjalanan ke Noumea.

Nah.. itu dia sedikit tentang New Caledonia. Whoaa~ romantis juga ya.. Jadi pengin cepet-cepet kesana. kekeke~

No comments:

Post a Comment